PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN & MASYARAKAT
Definisi Pemasaran
Dalam keseharian kita,pemasaran bukanlah suatu kalimat yang asing dan jarang kita dengar. Pemasaran ada dimana-mana. Secara formal atau informal,baik orang ataupun suatu organisasi telah terlibat dalam sejumlah besar akyivitas yang disebut dengan Pemasaran.Pemasaran yang baik yang dilakukan oleh .suatu perusahaaan ataupun organisasi,bukanlah sutu kebetulan,melainkan hasil dari perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. karena biasanya seorang manajer pemasaran harus dapat memutuskan beberapa permasalahan seperti :"fitur apa yang harus diciptakan pada produk,harga yang ditawakan kepada pelanggan,dimana mereka harus menjual produk, dan berapa banyak anggaran yang harus dikeluarkan untuk biaya iklan,penjualan, ataupun internet".
Inti pengertian dari suatu Pemasaran ialah " memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan". Seperti halnya ketika suatu perusahaan perabot menyadari bahwa ternyata masyarakat cenderung lebih menginginkan perabot yang bagus dengan harga yang murah,maka perusahaan tersebut menciptakan perabotan murah.
Definisi pemasaran menurut American Marketing Association (AMA) ialah "merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan,mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelangganan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
Dalam pemasaran,ada beberapa unsur pokok yang terjadi dalam kegiatan-kegiatan yang terjadi dalam pemasaran,seperti:
- Pemasar merupakan organisasi suatu perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun
pribadinya.
- Pemerintah
- Barang & Jasa merupakan sesuatu bentuk yang ditawarkan produsen untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.
- Pasar merupakan konsumen pribadi atau organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai
permintaan barang dan jasa dari konsumen.
- Proses Pertukaran merupakan kegiatan dari dua pihak yang masing-masing memerlukan keiatan sesuatu milik pihak yang
lain sebagai usaha untuk memenui kebutuhan dan keinginan masing-masing.
Dalam pemasaran,ada beberapa unsur pokok yang terjadi dalam kegiatan-kegiatan yang terjadi dalam pemasaran,seperti:
- Pemasar merupakan organisasi suatu perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun
pribadinya.
- Pemerintah
- Barang & Jasa merupakan sesuatu bentuk yang ditawarkan produsen untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.
- Pasar merupakan konsumen pribadi atau organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai
permintaan barang dan jasa dari konsumen.
- Proses Pertukaran merupakan kegiatan dari dua pihak yang masing-masing memerlukan keiatan sesuatu milik pihak yang
lain sebagai usaha untuk memenui kebutuhan dan keinginan masing-masing.
Inti Dari Suatu Pemasaran
inti penting yang ada dal suatu pemasaran ialah sbb:
1. Kebutuhan
merupakan syarat utama hidup dasar manusia,karena setiap makhluk hidup terutama manusia memebutuhkan
udara,air,pakaian dan tempat tinggal untuk kebutuhan hidup.
1. Kebutuhan
merupakan syarat utama hidup dasar manusia,karena setiap makhluk hidup terutama manusia memebutuhkan
udara,air,pakaian dan tempat tinggal untuk kebutuhan hidup.
2. Keinginan
setiap kebuthan yang telah ada dibenak atau dipikiran kita,akan berubah menjadi keinginan.
3. Permintaan
3. Permintaan
permintaan merupakan keinginan akan produk-produk tertentu yang didukung oleh kemampuan untuk membeli.
Peran Pemasaran Dalam Organisasi dan Perusahaan
Peran pemasaran dalam suatu organisasi bertujuan untuk membangun citra yang kuat,disukai,dan unik dibenak publiknya. Sehingga untuk mencapai tujuan organisasi tersebut pada ruang lingkup suatu perusahaan,dukungan dari pihak pemodal,pelaksana dan pengelola sangat diperlukan. suatu perusahaan juga mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang juga perlu dipenuhi,agar tujuan organisasi mereka dapat terpenuhi pula.
Peran Pasar Dalam Pemasaran
secara tradisional"pasar"pasar adalah tempat dimana terjadinya inteaksi antara penjual dan pembeli untuk menjual dan membeli barang. pemasar sering kali menggunakan istilah pasar (market) untuk mencakup berbagai pengelompokan pelanggan. Biasanya pemasar memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar. berbicara soal pasar,pasar terbagi dalam beberapa kelompok seperti :
- pasar kebutuhan (cth :diet-seeking market)
- pasar produk (cth : pasar sepatu)
- pasar demografis (cth :pasar anak muda)
- pasar geografis (cth :pasar perancis)
Secara tidak langsung interaksi antara penjual dan pembeli dihubungkan oleh empat arus. dimana penjual dan pembeli mengirimkan barang,kounikasi,dan jasa sepertiiklan dan surat langsung kepada pasar. sebagai imbalannya mereka menerima uang dan informasi seperti sikap pelanggan dan data penjualan.
Perkembangan Konsep Pemasaran
Peran pemasaran sangat penting dalam setiap kegiatan bisnis. konsep pemasaran yang dianut oleh setiap peusahaan berbeda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor,seperti lingkungan,kondisi pasar,sifat produk,dan pandangan pemasar. Suatu perusahaan memiliki beberapa konsep yang digunakan agar dapat beroperasi,yaitu sbb:
1. Konsep produksi
2. Konsep produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
5.Konsep pemasaran holistik
sumber :
khotler,dr.philip,manajemen pemasaran edisi 13 jilid 1,2008 dan Budiarto,Teguh,dasar pemasaran seri diktat kuliah,1993
Tidak ada komentar:
Posting Komentar